KOPLING
Terdapat beberapa komponen dalam sistem kopling yaitu:u
Rumah kopling, plate penekan, dan pegas penakan.
Clutch cover unit terdiri atas pelat penekan, pegas penekan tuas penekan dan rumah kopling.
Clutch cover unit terdiri atas pelat penekan, pegas penekan tuas penekan dan rumah kopling.
Ditinjau dari kontruksinya, clutch cover dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
Boss drive type clutch cover
Radial strap type clutch cover
Corded drive type clutch cover.
Pada tipe boss drive pelat penekan dipasangkan pada rumah kopling dengan boss sehingga kontruksinya kuat, namun perpindahan tenaga tidak bisa lembut.
Pada tipe radial strap plat penekan dihubangkan ke rumah kopling oleh strap (palt baja) dalam arah radial dari boss
Adapun pada tipe corded strap drive pelat penekan ditahan oleh tiga buah plat pada rumah kopling sehingga daya elastisitas pelat tersebut memugkinkan perpindahan tenaga dengan lembut.
Cara kerja kopling
Cara kerja kopling
Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga secara halus dari mesin ke transmisi melalui gesekan antara plat kopling dan fly wheel serta pelat penekan yang di kontrol oleh pengemudi melalui mekanisme gerak kopling.
Jika pedal kopling di tekan penuh, tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong pelat penekan akan melawan tekanan pegas penekan tidak terjadi sehingga putaran mesin tidak diteruskan.
Jika pedal kopling di tekan sebagian/setengah, tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak,
sehingga akan mendorong pelat penekan melawan sebagian /setengah tekanan pegas penekan sehingga tekanan pelat penekan ke fly wheel berkurang dan pelat kopling akan slip.
Gesekan antara pelat kopling dan pelat penekan kecil sehingga putaran gaya mesin di teruskan sebagian.
Apabila pedal kopling dilepas maka pegas akan kembali mendorong drive clutch denga penuh.
Plat penekan menghimpit pelat kopling ke fly wheel dengan kuat sehingga gaya gesekan kuat dan berputar bersamaan.
Dengan demikian putaran dan daya mesin diteruskan secara sepenuhnya (100%) tanpa slip.
Kopling magnet
Kopling satu arah(one way clutch free wheeling clutch/cover runing clutch)
Kopling satu arah merupakan kopling otomatis yang memutuskan dan menghubungkan poros penggerak (drive shaft) dan yang digerakan (driven shaft) bergantung pada perbandingan kecepatan putaran tersebut.
kenapa disebut kopling hidrolik karena untuk pentrasfer/mindahnya memanfaatkan sistem cairan/fluida yang disebut sistem hidrolik.
Kopling magnet
Dinamakan kopling magnet karena untuk mentransfer/meminda menggunakan gaya magnet.
Magnet yang digunakan adalah magnet tetap yang dibangkitkan dngan mengalirkan arus listrik kedalam sebuah lilitan kawat pada sebuah inti besi.
Listrik yang dibangkitkan atau tersedia pada kendaraan adalah listrik arus lemah sehingga magnet yang di bangkitkan tidak cukup kuat untuk dijadikan sebagai kopling pemindah daya utama.
Kopling jenis ini kebanyakan haya digunakan sebagai kopling pada kompresor aircondisioner.
Kopling satu arah(one way clutch free wheeling clutch/cover runing clutch)
Kopling satu arah merupakan kopling otomatis yang memutuskan dan menghubungkan poros penggerak (drive shaft) dan yang digerakan (driven shaft) bergantung pada perbandingan kecepatan putaran tersebut.
Jika kecepatan driving lebih tinggi dari driven, kopling bekerja menghbungkan driving dan driven. Jika kecepatan driving lebih rendah dri driven, kopling bekerja memutuskan driving dan driven.
Ada dua jenis one way clutch , yakni sprag type dan roler typa.
Kopling hidrolik
Kopling hidrolik
kenapa disebut kopling hidrolik karena untuk pentrasfer/mindahnya memanfaatkan sistem cairan/fluida yang disebut sistem hidrolik.
Tenaga hidraulic di tempatkan pada suatu wadah yang akan di sirkuasi dan cairannya akan terlempar oleh adanya gaya sentrifugal akibat putaran sehingga mempunya daya untuk memindah .
Itulah pembahasan mengenai kopling yang saya tahu
Terima kasih
EmoticonEmoticon