SISTEM KEMUDI
SISTEM KEMUDI
kita sudah sering mendengar kata kemudi biasanya orang hanya tau mengemudi kita bisa mengetahui apa saja yang berhubungan dengan kemudi nah kita biasa mengetahuinya disini.
kita bisa dapat lebih jelas apa itu kemudi, kemudi adalah untuk mengendalikan kendaraan pada saat lurus atau membelok ke kanan atau ke kiri.
orang bisa saja mengemudi dengan benar tetapi kita harus tau seperti apa setelan kemudi yang nyaman dan aman pada saat kita mengendarai kendaraan.
dan jangan lupa pada saat kita mau mengendarai kendaraan kita harus memeriksa keseluruhan mulai dari sistem pengereman sampai sistem ke kencangan ban.
nah di bawah ini lah saya menjelaskan dengan singkat apa itu sistem kemudi dan komponennya .
- sistem kemudi secara manual
pada sistem ini harus memerlukan momen yang besar / tenaga yang besar untuk mengemudikan nya terutama pada kendaraan berat seperti mobil besar .
tipe-tipe sistem kemudi secara manual yang sering digunakan
1.recirculation ball
recirculation ball ini adalah bola baja yang terpasang pada sisi wormshaft yang berfungsi untuk tempat untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelok roda-roda bagian depan .
tipe-tipe sistem kemudi secara manual yang sering digunakan
recirculation ball ini adalah bola baja yang terpasang pada sisi wormshaft yang berfungsi untuk tempat untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelok roda-roda bagian depan .
bola baja ini dapat dilepas tetapi sebelun dilepas kalian harus perhatikan posisi bola baja agar pada saat kalian akan melepas dan pada saat mau dipasang kembali kita tidak salah memasang bola bajanya.
apa bila kita salah memasang bola baja maka pada saat mau di putar dia tidak berputar.
rack and pinion adalah untuk mempermudah pengemudi mengendalikan arah jalannya kendaraan dengan membelokan roda depan.
rack and pinion adalah untuk mempermudah pengemudi mengendalikan arah jalannya kendaraan dengan membelokan roda depan.
cara kerja rack and pinion yaitu steering whell berputar kemudian diteruskan dengan steering main shaft ke steering gear,
steering main gear memperbesar momen puntir yang di salurkan kesteering linkage ke roda depan.
sisem kemudi bekerja bersama-sama dengan sistem suspensi untuk memperoleh kemudahan dan kenyamanan dalam pengemudi dari beberapa macam tingkat kecepatan
tipe ini sudah jarang di pakai karena sistem ini sudah jarang ditemukan pada mobil modern
bentuk worm and pin ini tirus bergerak sepanjang worm gear.
model ini dibagian bawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya . pada nut terdapat bagian yang menonjol dan di pasangkan tuas yang terpasang pada rumahnya.
worm gear berkaitan dengan sector di bagian tengah nya .gesekan nya dapat mengubah sentuhan antara gigi dengan gigi menjadi sentuhan menggelinding.
sekian informasi yang saya ketahui tentang sistem kemudi mungkin saya bisa lebih mempelajari nya lagi agar lebih mengerti tentang sistem kemudi
- worm and pin
tipe ini sudah jarang di pakai karena sistem ini sudah jarang ditemukan pada mobil modern
bentuk worm and pin ini tirus bergerak sepanjang worm gear.
- worm and nut
model ini dibagian bawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya . pada nut terdapat bagian yang menonjol dan di pasangkan tuas yang terpasang pada rumahnya.
- worm and sector
worm gear berkaitan dengan sector di bagian tengah nya .gesekan nya dapat mengubah sentuhan antara gigi dengan gigi menjadi sentuhan menggelinding.
sekian informasi yang saya ketahui tentang sistem kemudi mungkin saya bisa lebih mempelajari nya lagi agar lebih mengerti tentang sistem kemudi
Terima kasih
EmoticonEmoticon