Ganti Laher Roda Depan, Perhatikan Kode Dan Merek!
Laher si reporter itu rusak. Roda depan motornya sudah tidak nyaman alias nggak nyenyak. “Cara memperbaikinya, ya diganti,”kata Husain, mekanik Shan Motor Sport (SMS) di Banjarnegara, Jawa Tengah. Ya, oke lah kalo begitu, terpaksa harus beli bearing sendiri yang kodenya 6301.Biasanya sih harga tipe ini yang oke di atas Rp 25.000. Tapi ada juga yang Rp 13.000 dan malah ada Rp 10.000. Seperti kata orang, duit nggak bohong.
Lepaskan kabel speedometer dengan menggunakan obeng (+).“Kendurkan mur as roda pakai kunci ring 17. Tarik as roda sampai roda bisa dilepas. Lepaskan lurus searah dengan rem cakram, agar cakram tidak melengkung,”sambung Edi Santausa, bos Hussain dibengkel sambil sebut untuk roda depan ada 2 bearing disisi kanan dan kiri. Ya, iyalah bro.
Cara pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. “Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya, ketok pelahan laher dari semua sisi. Diganjal dengan bantuan kayu juga bisa,” kata Hussain.
Ya, sudah, tinggal rakit sesuai kebalikannya! Ardel
Sumber : http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1939-ganti-laher-roda-depan-perhatikan-kode-dan-merek
[D.I.Y.] Terpaksa Ganti Sendiri Tiga Bearing Roda Belakang Orange Juss…!! Dan Well Done…!!
Hell yeah…!! Beberapa waktu lalu kaki belakang Orange Juss agak pincang… Bunyi klethek-klethek… Sore-sore sepulang dari main ke rumah temen beranikan diri bongkar roda belakang… Set set set… Kluthik-kluthik… Gotri a.k.a. bola bola besi yang berasal dari lakher a.k.a. bearing berjatuhan ketika as roda dikeliarkan… Weiks… Muka ekspresi kecut…!!
Dalam hati udah berkata, “Pasti ada yang rondok nih…” Dan memang benar… Bearing gear Ambyar, rontok outer bearing beserta gotri-gotrinya… Nyeseknya lagi ga tau tempat yang jual bearing-bearing ini… Dan sempet bingung juga, kok ada bearing yang panjang ya…?? Dan setelah tanya-tanya sama Om Horee Rider CBR (model) Minerva dan Mbah Dhany Dawet Ngosek, ternyata itu adalah collar yang masih terpasang inner bearing yang ambyar :lol: …
Setelah beberapa saat menikmati kenyesekan… Akhirnya muncul ide, punya friendlist di Facebook Indipart, doi penjual spare part khusus Bajaj… Langsung coba chat, dan ada… Ga mau ambil pusing untuk cari bearing, langsung order saza… Maklum terlalu sibuk :lol: … Di tengah-tengah penantian barang datang, muncul keraguan lagi… Itu udah termasuk seal bearing gearnya belum ya… Aahhh… Dari pada besok repot lagi mending order lagi aja… Tapi kalau order di Indipart lagi kelamaan, lalu coba telpon bengkel sekaligus dealer Bajaj Jl. Magelang Yogyakarta… Dan ternyata barangnya ready… Yaudah langsung Cash On Delivery a.k.a. COD…
Selang 2 hari (atau 3 hari ya… Lupa…) barang datang… Itu pun sebelumnya juga harus nyemprot petugas JNE, karena gak dikirim-kirim kerumah :mrgreen: … Sore-sore habis Maghrib mulai mencoba memasang… Dengan dipandu Om Horee Rider CBR (model) Minerva yang katanya mau buka bengkel… Dikit-dikit tanya dan melihat foto dan skema gambaran tangan sendiri yang sebelumnya digambar pas melepas bearing… Hal ini cukup membantu Bro, maklum Saya pelupa :lol: …
Butuh waktu sekitar satu jam dari memasang bearing sampai memasang bannya kembali, maklum baru kali ini bongkar bearing dan ga ngerti apa-apa :lol: … Tapi justru hal ini yang bisa nambah pengalaman, jadi besok kalau bearingnya jebol lagi ga usah sok panik, apa lagi koprol :mrgeen: … Cukup kerjakan sendiri, lumayan ngirit dari pada kebengkel… Oiya total tiga bearing sekitar 80ribu kalau tidak salah, dan seal bearing gear 6ribu…
Bagi yang punya nasib serupa :lol: … Bearingnya ambyar dan bingung, bisa simak gambaran yang saya buat:
Bagi yang punya nasib serupa :lol: … Bearingnya ambyar dan bingung, bisa simak gambaran yang saya buat:
EmoticonEmoticon